Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Bisnis Online yang menepati janji dan bukan Tipuan. Mari Bergabung...

Banyak orang menyangka bahwa rokok hanya berkaitan dengan penyakit paru dan pernafasan. Padahal rokok juga merupakan penyebab utama dari penyakit Jantung.
Merokok: No 1 penyebab penyakit dapat dicegah dan kematian
Merokok dan penggunaan tembakau merupakan faktor risiko yang signifikan untuk berbagai gangguan kronis. Menurut American Heart Association, merokok merupakan penyebab paling penting dicegah kematian prematur di Amerika Serikat, tercatat 440.000 dari lebih dari 2.400.000 kematian per tahun.
Apa hubungan antara merokok dan penyakit kardiovaskuler?
Merokok merupakan penyebab utama dari aterosklerosis – penumpukan zat lemak dalam arteri. Aterosklerosis terjadi bila lapisan normal dari arteri memburuk, dinding arteri menebal dan deposito lemak dan plak blok aliran darah melalui arteri. Dalam penyakit arteri koroner, arteri yang memasok darah ke jantung menjadi sangat menyempit, penurunan pasokan darah kaya oksigen ke jantung, terutama pada saat aktivitas meningkat. Extra regangan pada jantung dapat menyebabkan sakit dada (angina pectoris) dan gejala lainnya. Bila satu atau lebih arteri koroner benar-benar diblokir, serangan jantung (cedera pada otot jantung) dapat terjadi.


Dalam penyakit arteri perifer, aterosklerosis mempengaruhi arteri yang membawa darah ke lengan dan kaki. Akibatnya, pasien mungkin mengalami kram menyakitkan otot-otot kaki ketika berjalan (suatu kondisi yang disebut klaudikasio intermiten). penyakit arteri perifer juga meningkatkan risiko stroke.

Apa hubungan antara merokok dan serangan jantung?
risiko seseorang serangan jantung sangat meningkat dengan jumlah rokok yang ia merokok. Tidak ada jumlah yang aman dari merokok. Perokok terus meningkatkan risiko serangan jantung semakin lama mereka merokok. Orang yang merokok satu pak rokok sehari memiliki lebih dari dua kali lipat risiko serangan jantung dibanding bukan perokok.
Apa hubungan antara merokok dan kontrasepsi oral?
Wanita yang merokok dan juga menggunakan alat kontrasepsi oral (pil KB) meningkat beberapa kali risiko penyakit arteri koroner dan perifer, serangan jantung dan stroke, dibandingkan dengan merokok wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.
Apa kondisi medis lainnya dihubungkan dengan merokok?
Rokok memiliki beberapa racun, termasuk kecanduan nikotin, karbon monoksida, “ter” dan hidrogen sianida. Ada 4.000 bahan kimia lainnya dari berbagai racun, termasuk 43 karsinogen dikenal.
Rokok penyebab:
* Penurunan oksigen ke jantung dan ke jaringan lain dalam tubuh
* Penurunan toleransi latihan
* Penurunan HDL (baik) kolesterol
* Peningkatan tekanan darah dan denyut jantung
* Kerusakan pada sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya
* Peningkatan risiko penyakit arteri koroner dan serangan jantung
* Peningkatan risiko penyakit arteri perifer dan stroke
* Peningkatan risiko kanker paru-paru, kanker tenggorokan, asma kronis, bronkitis kronis dan emfisema
* Peningkatan risiko diabetes
* Peningkatan risiko mengembangkan berbagai kondisi lain termasuk penyakit gusi dan bisul
* Meningkatkan kecenderungan untuk pembekuan darah
* Peningkatan risiko penyakit arteri koroner berulang setelah operasi bypass
* Peningkatan risiko menjadi sakit (terutama di kalangan anak-anak: infeksi saluran pernafasan lebih umum di antara anak-anak terkena perokok pasif)
Bagaimana asap rokok mempengaruhi orang lain?
Asap rokok tidak hanya mempengaruhi perokok. Ketika Anda merokok, orang-orang di sekitar Anda juga beresiko terkena masalah kesehatan, terutama anak-anak. Asap tembakau lingkungan (juga disebut asap pasif atau perokok pasif) mempengaruhi orang-orang yang sering di sekitar perokok. asap Kedua-tangan dapat menyebabkan kondisi pernafasan kronis, kanker dan penyakit jantung.
The American Heart Association memperkirakan bahwa setiap tahun, sekitar 37.000 sampai 40.000 orang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh asap orang lain.
Manfaat berhenti merokok
Sekarang Anda tahu bagaimana merokok dapat membahayakan kesehatan Anda dan kesehatan orang-orang di sekitar Anda, berikut adalah cara berhenti merokok dapat membantu. Jika Anda berhenti merokok, Anda akan:
* Memperpanjang hidup Anda. Menurut American Heart Association, perokok yang berhenti antara umur 35-39 menambahkan rata-rata 6-9 tahun untuk hidup mereka. Perokok yang berhenti berusia antara 65-69 meningkatkan harapan hidup mereka oleh 1 – 4 tahun.
* Mengurangi risiko penyakit jantung. Berhenti merokok mengurangi risiko serangan jantung berulang dan kematian akibat penyakit jantung sebesar 50 persen atau lebih. Berhenti merokok juga mengurangi resiko tekanan darah tinggi, penyakit pembuluh darah perifer dan stroke.
* Mengurangi risiko Anda mengembangkan berbagai kondisi lain seperti diabetes, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, paru-paru, bronkitis kronis, asma kronis, borok, penyakit gusi dan kondisi lainnya.
* Rasakan sehat. Setelah berhenti, Anda tidak akan batuk sebanyak, telah sebagai sakit tenggorokan banyak dan Anda akan meningkatkan energi Anda.
* Lihat dan merasa lebih baik. Berhenti dapat membantu Anda mencegah wajah keriput, menyingkirkan gigi bernoda, memperbaiki kulit Anda dan bahkan menghilangkan bau basi dengan pakaian dan rambut.
* Meningkatkan rasa rasa dan bau.
* Simpan uang.
Bagaimana saya bisa berhenti?
Tidak ada cara satu berhenti yang bekerja untuk semua orang. Untuk berhenti merokok, Anda harus siap secara emosional dan mental. Anda juga harus mau berhenti merokok untuk diri sendiri, dan tidak untuk menyenangkan teman-teman Anda atau keluarga. Rencana ke depan.
Sebelum Anda Berhenti: (Periksa off item pada daftar ini seperti yang Anda capai mereka)
_____ * Pilihlah tanggal untuk berhenti merokok dan kemudian menaatinya.
* _____ Tuliskan alasan Anda untuk berhenti merokok. Baca di atas daftar setiap hari, sebelum dan sesudah Anda berhenti.
* _____ Tuliskan ketika Anda merokok, mengapa Anda merokok dan apa yang Anda lakukan ketika Anda merokok untuk belajar merokok Anda “pemicu.”
* _____ Berhenti merokok dalam situasi tertentu (seperti saat putus kerja atau setelah makan malam) sebelum benar-benar berhenti.
* _____ Buatlah daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan bukan merokok.
* _____ Visualisasikan diri Anda sebagai bukan perokok.
_____ * Beritahu keluarga dan teman-teman tentang rencana Anda untuk berhenti dan meminta mereka untuk dukungan mereka. Mintalah anggota keluarga Anda yang merokok untuk berhenti dengan Anda.
* _____ Tanyakan penyedia layanan kesehatan Anda tentang berhenti merokok dengan menggunakan alat bantu untuk membantu Anda berhenti merokok. bantu penggantian nikotin termasuk permen, nikotin patch, inhaler, tablet sublingual (bawah lidah-), belah ketupat, semprot hidung atau obat resep.
* _____ Bergabunglah dengan berhenti merokok mendukung grup atau program. Lihat Sumber di akhir informasi ini.
Ketika Anda Berhenti
* Singkirkan semua rokok.
* Singkirkan semua benda yang berhubungan dengan merokok, seperti asbak.
* Jika Anda tinggal dengan perokok, meminta orang untuk tidak merokok di hadapan Anda. Lebih baik lagi, meyakinkan mereka untuk berhenti dengan Anda.
* Jangan fokus pada ngidam Anda. Ingatlah bahwa apa yang Anda rasakan adalah sementara dan mengingatkan diri sendiri mengapa Anda ingin berhenti.
* Jauhkan diri Anda sibuk! Review Anda daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan bukan merokok.
* Ketika Anda mendapatkan dorongan untuk merokok, ambil napas dalam-dalam. Tahan selama sepuluh detik dan lepaskan perlahan-lahan. Ulangi ini beberapa kali sampai keinginan untuk merokok hilang.
* Jauhkan tangan Anda sibuk. Doodle, bermain dengan pensil atau jerami, atau bekerja pada komputer.
* Ubah kegiatan yang berhubungan dengan merokok. Berjalan-jalan atau membaca buku, bukan menggunakan istirahat rokok.
* Bila Anda bisa, hindari tempat-tempat, orang dan situasi yang terkait dengan merokok. Hang out dengan non-perokok atau pergi ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan merokok, seperti film, museum, toko atau perpustakaan.
* Jangan mengganti makanan atau produk gula berbasis untuk rokok. Makan rendah kalori, makanan sehat (seperti wortel atau batang seledri, permen keras gula-bebas) atau mengunyah permen karet ketika dorongan untuk merokok serangan sehingga Anda dapat menghindari kenaikan berat badan.
* Minum banyak cairan, namun membatasi minuman beralkohol dan berkafein. Mereka dapat memicu dorongan untuk merokok.
* Ingatkan diri Anda bukan perokok. Bukan perokok tidak merokok.
* Latihan. Melatih memiliki banyak manfaat dan akan membantu Anda bersantai.
Bagaimana Apakah saya Rasakan Ketika saya Berhenti?
* Anda mungkin mendambakan rokok, akan mudah tersinggung, merasa sangat lapar, sering batuk, sakit kepala, mengalami kesulitan berkonsentrasi atau sembelit pengalaman. Gejala-gejala penarikan terjadi karena tubuh Anda digunakan untuk nikotin, agen addicting aktif dalam rokok.
* Ketika gejala penarikan terjadi dalam dua minggu pertama setelah berhenti, tetap memegang kendali. Pikirkan tentang alasan Anda untuk berhenti merokok. Ingatkan diri Anda bahwa ini adalah tanda-tanda bahwa tubuhmu adalah penyembuhan dan mulai terbiasa tanpa rokok.
* Gejala-gejala penarikan diri hanyalah sementara. Mereka kuat ketika Anda pertama kali berhenti tetapi akan pergi dalam waktu 10 sampai 14 hari. Ingat bahwa gejala penarikan lebih mudah daripada mengobati penyakit utama bahwa merokok dapat menyebabkan.
* Anda mungkin masih memiliki keinginan untuk merokok. Ada banyak asosiasi yang kuat dengan merokok, seperti merokok dalam situasi tertentu, dengan berbagai emosi atau dengan orang-orang tertentu dalam kehidupan mereka. Cara terbaik untuk mengatasi asosiasi ini adalah pengalaman mereka tanpa merokok.
Apa Yang Terjadi Ketika Anda Berhenti
* Setelah 20 menit
o Anda menghentikan polusi udara
o tekanan darah Anda dan mengurangi pulsa
o Suhu tangan dan kaki meningkat
* Setelah jam 8
o Tingkat karbon monoksida dalam darah kembali normal
o kadar Oksigen dalam darah meningkat
* Setelah 24 jam
o resiko Anda dari serangan jantung menurun
* Setelah 48 jam
o Saraf akhir menyesuaikan diri dengan ketiadaan nikotin
o Kemampuan Anda untuk rasa dan bau mulai kembali
* Setelah 2 minggu sampai 3 bulan
o Anda meningkatkan sirkulasi
o meningkatkan toleransi latihan Anda
* Setelah 1-9 bulan
o Batuk, kemacetan sinus, kelelahan dan sesak napas penurunan
o meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan Anda
* Setelah 1 tahun
o resiko penyakit jantung Anda menurun sampai setengah bahwa seorang perokok saat ini
* Setelah 5 – 15 tahun
o resiko Anda terkena stroke berkurang dengan orang yang tidak pernah merokok
* Setelah bertahun-tahun10
o risiko Anda meninggal karena kanker paru-paru hampir jatuh ke tingkat yang sama dengan non perokok seumur hidup-
o Anda menurunkan kejadian kanker lainnya – dari mulut, pangkal tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal dan pankreas
* Setelah bertahun-tahun 15
o resiko penyakit jantung Anda berkurang dengan orang yang tidak pernah merokok
Jika Anda merokok lagi (disebut kekambuhan) jangan kehilangan harapan. Tujuh puluh lima persen dari mereka yang berhenti kambuh. Kebanyakan perokok berhenti tiga kali sebelum mereka sukses. Jika Anda kambuh, jangan menyerah! Review alasan mengapa Anda ingin menjadi bukan perokok. Rencana ke depan dan berpikir tentang apa yang akan Anda lakukan saat Anda mendapatkan dorongan untuk merokok.

No comments for "Rokok dan Kesehatan"!

Artikel Populer

REMBULAN HATI

MENCERAHKAN HATI DENGAN CAHAYA-NYA MENYINARI BUMI DENGAN SYARIAT-NYA

FB _Q

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.