Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Bisnis Online yang menepati janji dan bukan Tipuan. Mari Bergabung...

KARENA agak sulit anak menghadapi dirinya sendiri saat berhadapan dengan dorongan kuat mengambil barang, tentu anak kleptomania membutukan bantuan dari orang lain, utamanya orangtuanya. Karena itu sebagai orangtua, tanamkan nilai-nilai moral kepada anak sejak dini.

Dan agar si kecil terhindar dari bahaya kleptomania, tak ada salahnya Moms mencoba trik di bawah ini, sejak dini.

Menanamkan konsep kepemilikan

Dengan cara ini, anak-anak akan bertanggung jawab dengan barang-barang miliknya dan menghormati barang orang lain. Jika dia menginginkan barang orang lain – enat itu barang berharga atau tidak -, anak harus minta izin terlebih dulu. Dan untuk mengasah empatinya, diskusikan dengan anak apa yang dia rasakan jika barang yang dimilikinya diambil oleh orang lain tanpa izin.

Membiasakan bersikap jujur
Tanamkan kepada anak untuk selalu berkata dan bersikap jujur karena itu adalah modal untuk mendapatkan kepercayaan orang lain.

Menjadi teladan

Orangtua harus menjadi contoh yang baik karena biasanya anak akan menyontoh yang orangtua lakukan.

No labelling

Jangan kacaukan upaya perbaikan sikap anak dengan mengungkit-ungkit peristiwa pencurian yang pernah dia lakukan, apalagi ditambah dengan memberikan julukan "si klepto" atau "tukang nyuri" karena saat dipanggil dengan julukan tersebut maka dia akan berperilaku sesuai dengan julukannya.

Ingatkan bahwa selalu "ada yang Maha Melihat"

Dengan memberikan pendidikan agama sejak dini, kita bisa memasukkan konsep Ketuhanan dan mengingatkan anak bahwa dimanapun mereka berada, tidak akan pernah sendirian karena Tuhan selalu melihat apa saja yang mereka lakukan. Dan Tuhan akan menyayangi anak-anak yang berbuat baik.
(Mom& Kiddie//ftr)

No comments for "Pola Asuh Tepat Cegah Anak Kleptomania"!

Artikel Populer

REMBULAN HATI

MENCERAHKAN HATI DENGAN CAHAYA-NYA MENYINARI BUMI DENGAN SYARIAT-NYA

FB _Q

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.