Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Bisnis Online yang menepati janji dan bukan Tipuan. Mari Bergabung...

MENGELOLA keuangan penting diajarkan kepada anak sejak dini agar si kecil piawai mengatur keuangan. Menabung merupakan cara pengajaran yang paling efektif.

Memiliki anak dengan kecerdasan dalam berbagai hal memang membanggakan. Sebagai orangtua, sebaiknya anak tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, melainkan kecerdasan finansial. Kecerdasan finansial merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola sumber daya,baik di dalam dirinya sendiri maupun di luar dirinya untuk menghasilkan uang.

“Kecerdasan finansial sangat dibutuhkan untuk anak, terutama untuk masa depannya nanti,” ungkap psikolog anak dan keluarga dari LPT Universitas Indonesia, Fabiola P Setiawan Mpsi.

Dikatakan Fabiola, kecerdasan finansial merupakan kemampuan untuk mengenali, menciptakan, dan mempraktikkan sistem atau cara untuk mengakumulasi uang atau aset. Jadi, kecerdasan finansial menjadikan agar anak bisa memilih langkah tepat dalam mengelola keuangan. Agar anak cerdas dalam hal finansial serta pandai kelola keuangan, orangtua bisa mengajarinya menabung.

Menabung juga bisa dijadikan sebagai penanaman kepada anak sebagai suatu cara untuk meraih tujuannya. Semisal saat anak menginginkan suatu mainan yang harganya tidak murah, maka ajaklah anak untuk menabung uang dan membelinya dengan menggunakan uang tabungan yang sudah anak kumpulkan.

“Dengan menabung, anak belajar mengendalikan diri, memerhatikan, dan mengelola keuangan secara bertahap,” ungkap Fabiola.

Orangtua sebaiknya mengarahkan anak bahwa menabung dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan, bukan keinginan saja. Jadi, anak terbiasa untuk tidak selalu mengikuti keinginan yang tentu tidak akan ada habisnya, tetapi lebih mengutamakan hal-hal yang memang dibutuhkannya.

Masih dijelaskan Fabiola, kecerdasan finansial terlihat pada anak yang mampu mengendalikan diri secara finansial untuk mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkannya. Anak juga mampu memilah hal-hal yang penting untuk dimiliki dan yang tidak perlu dimiliki, mampu berhemat, serta berbelanja secara bijak.

“Pada akhirnya anak diharapkan kelak dapat mengelola kondisi keuangannya dengan baik, ketika dia beranjak besar,” ujar psikolog yang berpraktik di Klinik Pela 9 kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Menabung menjadi salah satu hal yang penting diterapkan dalam mendidik anak. Banyak manfaat yang orangtua berikan jika sejak dini anak sudah diajari menabung. Manfaat dengan gemar menabung sungguh besar. Anak dapat lebih mengendalikan diri.

Misalnya tidak menuntut segala sesuatunya harus dia dapatkan segera, tetapi dapat menabung terlebih dahulu. Anak juga dapat menghargai setiap hal maupun benda yang dimilikinya karena untuk mendapatkannya perlu waktu, kesabaran, dan usaha.

Apabila sudah ditanamkan untuk gemar menabung sejak dini, maka memberikan pembelajaran bahwa dengan menabung, menjadikan awal pembelajaran bagi anak tentang investasi. Pengelolaan keuangan bisa diajarkan kepada anak dengan cara yang menyenangkan, seperti yang dilakukan oleh Citi Peka (Program kegiatan kemasyarakatan dari Citi Indonesia) yang menggelar pentas drama teater musikal Petualangan Agen Penny dan Will Power.

“Pertunjukan musik dan komik “ Petualangan Agen Penny dan Will Power keterampilan mengelola keuangan secara mendasar bagi anak-anak,” tutur Shariq Mukhtar,Citi Country Officer for Indonesia.

Dalam teater ini menampilkan tokoh dua agen khusus, yaitu Agen Penny dan Will Power, yang akan membantu siswa SD memahami cara mengelola keuangan, dari membuat anggaran sederhana, mengatur pengeluaran, serta kebiasaan menabung.

Edukasi untuk mengelola keuangan ini disampaikan melalui kisah dalam teater maupun pementasan teater oleh aktor-aktor Teater Koma.

Pementasan teater dilakukan di sekolah masing-masing, dengan penonton yang dibatasi hanya sampai 100 orang. Dalam teater ini kelola keuangan diajarkan dengan cara yang sederhana,seperti di antaranya untuk hidup hemat, tidak mudah tergiur iklan dan diskon, serta tidak jajan berlebihan.

“Kami berharap anak-anak dapat paham bagaimana mengelola keuangan mereka dengan bijaksana di usia dini yang didapat melalui teater ini,” ucapnya dalam acara drama teater musikal Petualangan Agen Penny dan Will Powerdi SDN Pela Mampang 02 Petang beberapa waktu lalu.

Pesan-pesan yang kompleks tentang pengelolaan keuangan sejak dini agar dapat diterapkan lebih mudah pada anak-anak, maka pesan yang disampaikan harus cukup efektif,dengan kemasan yang sesuai dan dekat dengan dunia mereka. Dengan begitu, anak pun pandai mengelola keuangan serta memiliki kecerdasan finansial sejak dini.

No comments for "Cara Menyenangkan Kelola Keuangan"!

Artikel Populer

REMBULAN HATI

MENCERAHKAN HATI DENGAN CAHAYA-NYA MENYINARI BUMI DENGAN SYARIAT-NYA

FB _Q

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.