Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Bisnis Online yang menepati janji dan bukan Tipuan. Mari Bergabung...


Anda mungkin pernah mengalami kejadian-kejadian yang menyebalkan dikarenakan lupa akan: nama teman baru atau teman lama Anda, password ATM, komputer atau website Anda, di mana menyimpan kunci rumah Anda, di mana meletakkan kacamata Anda, tugas-tugas yang harus segera dilakukan hari ini, judul film yang baru Anda tonton semalam, di mana memarkirkan mobil Anda, atau bahkan lupa sesuatu yang baru terlintas di pikiran kita 50 detik yang lalu.



Memang lupa seringkali membuat kita frustasi dan memalukan. Lupa akan hal-hal tersebut di atas adalah suatu tanda betapa sibuknya kita. Mungkin akan beruntung bagi Anda yang termasuk orang yang rajin mencatat segala sesuatunya, mengorganisasinya baik pada catatan manual maupun elektronik seperti ponsel ataupun PDA.

Namun, bagi Anda tipe orang yang tidak suka mencatat dan yang tidak mempunyai akses terhadap alat-alat bantu elektronik, atau bagi Anda semua yang ingin meningkatkan daya ingat otak Anda, ada beberapa tips / cara untuk melatih atau meningkatkan daya ingat otak kita sebagai berikut:

1. Tips Mengingat Nama Teman / Kolega / Konsumen Anda

a. Putuskan bahwa Anda benar-benar ingin mengingat namanya.

b. Perhatikan dengan saksama.

Ketika Anda dikenalkan dengan seseorang, lihat mukanya baik-baik dan dengar baik-baik namanya. Tanyakan ejaan yang benar misalkan sesuai pendengaran Anda, ia bernama Kathy, Anda tanyakan kepadanya, “Apakah Kathy dengan K atau C?”. Berilah tanda tentang namanya untuk membantu mengunci dalam ingatan kita (“Oh, Carpenter – teman terbaikku masa kecil), dan gunakan namanya beberapa kali selama bercakap-cakap dengan teman baru Anda tersebut dan pada saat mengucapkan salam perpisahan.

c. Visualisasikan.

Perhatikan dengan baik-baik mukanya dan bagian-bagiannya yang membedakan dengan orang lain. Misalkan Sissy teman Anda bermuka oriental, Anda bisa lekatkan di pikiran Anda dengan negeri bambu atau pikirkan “Oriental Sissy”.

d. Membuat nama teman Anda menjadi lebih bermakna.

Misalkan kenalan baru Anda namanya Robert Alltoff, Anda bisa mengasosiasikannya dengan Robert yang semua tentangnya adalah top.

e. Mengimajinasikan

Teknik ini dilandasi bahwa otak pada dasarnya mempunyai kesulitan mengingat simbol-simbol abstrak, seperti nama-nama dan nomor-nomor. Kunci dari teknik ini adalah melekatkan gambar (image) yang jelas pada simbol-simbol yang akan kita ingat.
Misalkan konsumen baru Anda bernama Deb, Anda bisa mulai menggambarkan sebuah website di atas kepalanya – web di atas Deb. Teknik ini akan memudahkan Anda bila suatu ketika bertemu dengan orang tersebut.

f. Mengasosiasikan atau menghubungkan dengan sesuatu yang sudah Anda kenal

Misalkan:
-Nama kolega bisnis baru Anda adalah Dhani, Anda bisa menghubungkan dengan Dhani Ahmad (Band Dewa 19).
-Nama teman kuliah Anda dulu namanya Muhammad Zia Ul Haq, Anda bisa menghubungkannya dengan nama Presiden Pakistan zaman dulu (Zia Ul Haq).

g. Memenggal nama teman Anda yang terlalu panjang menjadi beberapa suku kata / bunyi karena memikirkan seluruh nama pada saat yang sama akan membebani memori anda.

Misalkan nama teman Anda adalah Azprilianputraardiwidyanto, Anda bisa memenggalnya menjadi April-putra-ardi-widya, kemudian anda membuat gambaran pada bulan April ada anak laki-laki dari suatu padepokan turun gunung (ardi) untuk menyebarkan ilmu (widya) yang bermanfaat.

No comments for "Cara Meningkatkan Daya Ingat (Memori Otak)"!

Artikel Populer

REMBULAN HATI

MENCERAHKAN HATI DENGAN CAHAYA-NYA MENYINARI BUMI DENGAN SYARIAT-NYA

FB _Q

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.