Modul SMK, Akuntansi, Keislaman, Tarbiyah, Motivasi dan Inspirasi

Bisnis Online yang menepati janji dan bukan Tipuan. Mari Bergabung...


kARANGANYAR, 29-30 Mei 2010.
Pagi itu, langit agak mendung, sayunya suasana karena langit tak secerah biasanya tak membuat kumpulan aktivis itu mengendurkan semangatnya. Jam 06.45 pelajar-pelajar berjilbab besar (ada yang agak kecil juga koq) itu berkerumun di sekitar mushala al Mishbah SMK WIKARYA. Jam 07 tepat gemericik air wudhu membasahi pipi mereka. Senyum sapa dan salam kemuliaan "assalaamu 'alaikum" saling bersahutan diantara mereka. Setelah itu dari dalam mushala terdengar "ALLAHU AKBAR", pelajar2 itu menunaikan shalat duha bersama. Kesejukaan mata hati terasa ketika menatap mereka dari kejauhan.

Itulah pembukaan acara LDK dan MABIT RISMA MELATI SMK WIKARYA. ALhamdulilla atas karunia Allah, sebanyak 40-an aktivis RISMA menikmati suasana pagi itu dengan mengikuti LDK dan mabit.
SAhabat RISMA, dakwah memang jalan panjang bahkan tak berujung. untuk melaluinya diperlukan banyak bekal. LDK dan MABIT ini menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan bekal bagi aktivis RISMA untuk melayani ummat dan mengayun langkah dalam dakwah baik di sekolah maupun di rumah.
Materi LDK merupakan bagian upaya ikhtiar duniawi dalam bentuk penguatan kemampuan manajerial dan olah fikir untuk memformat aktivitas dakwah sekolah yang lebih baik.
SAhabat RISMA,

Acara dimulai dengan shalat duha, kemudian tilawatil qur'an. DIlanjutkan dengan sambutan sekaligus materi pertama oleh ABI (ust Joko Pramono). ABI mengingatkan tentang firman Allah dalam surat 61 ayat 4 tentang kecintaan Allah kepada para aktivis dakwah unntuk menata diri dalam organisasi yang profesional. Organisasi dakwah yanng berkualitas terbentuk dari kumpulan individu yang berkualitas. Menurut ABI, kualita manusia terbagi menjadi dua, yaitu kualitas dasar dan kualitas instrumental.

Kualitas Dasar meliputi kualitas akal, kualitas fisik dan kualitas Hati. Sedangkan kualitas instrumental adalah kemampuan dan kompetensi dalam IPTEKS. Menarik dan luar biasa materi ini. Aktivis dakwah harus memiliki kebiasaan berkualitas agar menjadi pribadi yang berkualitas. MAteri dari ABI kami lampirkan juga dalam blok ini, tapi dalam bentuk power point. silakan Klik ya.

Materi Kedua, tentang kearsipan dalam organisasi. Pematerinya Bp. Riyanto Joko W,S.Pd. Sahabat semua, kearsipan adalah hal penting dalam organisasi. COba bayangin, jika ada organisasi tanpa data...wuh jadi apa..makannya RISMA pengin menata secara benar segala data yang ada sehingga menjadi acuan bagi generasi berikutnya. Bagaimana mengarsip surat masuk dan keluar, data base anggota, data base pengurus, penataan proposal, LPJ dan lain sebagainya. pokoknya RISMA ngucapi jazakallah yang luar biasa pada Bp. Riyanto atas ilmunya.

Materi Ketiga dari aktivis muslimah karanganyar yang keren, siapa lagi kalau bukan Mbak Puspita..temanya Muslimah dan Prestasi.. kan Sahabat RISMA tahu..RISMA MELATI SMK WIKARYA itu anggotanya 99,98% putri/muslimah, jadi ..pas bannget gitu lho materi ini buat kita2. Bagaimanapun aktivis dakwah sekolah harus menjadi teladan bagi yang lain. Salah satunyaa ya ..prestasi.. . Dipaparkan oleh mbak PUS.. kisah2 inspiratif muslimah2 yang luar biasa... jadi pengin seperti itu.. ditambah lagi..penampilan presentasi mbak Pus yang luar biasa.. jadi semangat

MAteri ke empat.. habis mandi..jadi segar... MAs Fajar Mushola ..itu lho ketuanya FOSREMKA Karanganyar.. tentang Team Work Building.. KIta diberi inspirasi bagaimana menggali potensi anggota dan mengembangkan serta menyatukan dalam gerak langkah dakwah RISMA.. luar biasa materi ini.. seru..bikin kita2 ngerti.. dalam organisasi harus kompak lahir batin..

Sahabat RISMA,
setelah Materi Ke empat, acara kita adalah sholat maghrib...tilawatil qur'an makan..sholat isya lalu materi mabit yang pertama dari Ibu ANITASARI, S.Ag, M.Pd. tentang muslimah dan dakwah. KIta diingatkan betapa muslimah memiliki peran yang sangat strategis dalam dakwah islam.. sayanng materi ini hanya singkat karena keburu ikut sarasehan dengan Bapak Kepala Sekolah bersama ekstra kurikuler yang lain seperti Pramuka, PMR dan PKS. Acara Sarasehan ini sampai jam 23.00 WIB..

Begitu selesai sarasehan, para peserta LDK langsung terbang ke pulau kapas. Karena jam 03.00 mereka sudah harus bangun untuk tahajud bersama.
.......
Jam 03.00 Bangun...bangun..bangun...
Terdengar gemericik air wudlu di kran bersahutan.. udara 1/3 malam terakhir begitu menusuk tulang..karena semalaman diguyur hujan lebat.. tak menyurutkan langkah para aktivis RISMA untuk bangun Qiyamul LAil... Allahu Akbar.. Alhamdulillahirabbil 'alamiin..Arrahmaanirrahiimm... ABI yang jadi imam... Alif Laam Miiiim..dzaalikal kitaabu laaraiba fiihi hudan lil muttaqiin..

Tahu nggak sahabat, banyak aktivis yang ngantuk..habis ABI kalau jadi Imam..lama dan panjang..mbak Atun sampai teklak tekluk.. ada juga yang baru dapat 6 rakaat ...tertidur..wah seru..
Alhamdulillah selesai juga tahajud nya..Ya ALlah di pertiga malam ini kami menghiba kepada-Mu..Ampunilah dosa dan kelemahan kami..peerbaikilah agama kami..dunia kami..akhirat kami..berikan dengan kebesaran dan kemuliaanMu kepada kami.. hati yang iman..khusyuk dan ikhlas.. jadikanlah kami termasuk hamba2 Mu yang menepati janji iman kami kepadaMU...

Satu jam sudah kami qiyamul lail... tak lama kemudian adzan shubuh berkumandang...acara dilanjutkan dengan shalat subuh.. membaca al ma'tsurat..dan tahsin tilawah..
kemudian kajian pagi dari ABI tentang bekal aktivis dakwah... luar biasa. Kemenangan dakwah tidak hadir dengan sendirinya. Aktivis harus dalam keadaan selalu memiliki hubungan yang baik dengan Allah, menunaikan hak Allah dengan maksimal.. Materinya juga kami lampirkan dalam blog ini..

Setelah itu materi LDK lagi..ni materi yang terakhir.. tentang kepemimpinan yang efektif dari mas GIYATO,S.PD. ketua LP2R karanganyar.
JAm 09.00 acara dilanjutkan dengan outbound dan game...
Asyik sekali..banyak kisah dan kasih yang terjadi dan terjalin.. ya ALlah kumpulkanlah kami bersama orang-orang yang shalih...


No comments for "RISMA MELATI: LEADERSHIP TRAINING DAN MABIT"!

Artikel Populer

REMBULAN HATI

MENCERAHKAN HATI DENGAN CAHAYA-NYA MENYINARI BUMI DENGAN SYARIAT-NYA

FB _Q

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.